Apa itu VPN

Virtual Private Network, secara harfiah artinya Jaringan Privat Virtual, sederhana nya lagi Jaringan Lokal, tapi tidak nyata atau di-lokal kan.

Secara fungsi, ketika kita tersambung dengan internet dan menggunakan sebuah VPN, maka kita akan “berada” didalam Jaringan tersebut sehingga pihak luar atau server yang kita akses akan menganggap kita “berada” di jaringan tersebut.

Mudah2an sampai disitu sudah paham ya? OK, sekarang untuk melakukan  koneksi VPN untuk layanan umum tidak rumit dam ribet, tinggal tekan satu jari tersambung. Jika menggunakan android bisa cari di playstore free VPN, akan banyak muncul dan coba pasang.

Setelah terpasang, tekan koneksi atau connect maka dalam beberapa saat secara acak kita akan disambungkan ke dalam jaringan yang sudah dipilihkan oleh applikasi itu. Biasanya akan muncul info dimana server VPN tersebut berada.

Nah, jika anda sudah “berada” pada jaringan server VPN tersebut, ketika membuka sebuah laman web atau applikasi yang memantau lokasi, maka anda akan dikenali bahwa anda dari lokasi atau negara tersebut.

Terus apa manfaat nya? Ok, wait, saat ini ada beberapa server web atau applikasi yang mem-FILTER atau melakukan Identifikasi terhadap orang yang meng akses mereka, dengan tujuan pembedaan layanan dari web atau applikasi tersebut, misal, jika kita dari negara US, maka applikasi atau web terebut akan mengkhususkan kita melihat data data atau informasi tentang konten US saja, dan ada juga fitur filtering konten, maksudnya kita akan dibatasi untuk bisa melihat sesuai dengn dimana kita “berada”, dan ada juga pembatasan akses ketika ada alasan tertentu misal security, propaganda dan ataupun distorsi informasi.

Semoga bisa dimengerti, dan silahkan komen saja jika ada yang mau ditanyakan dan yang lebih tahu bisa menambahkan juga di komen.

 

— May 25, 2019

What Do You Think?

Thanks elo © 2018