HORE .. Akhirnyaaaaaa….ALHAMDULILLAH…! selesai juga pembangunan Jembatan Layang Fly Over di Banjarmasin.

Kenapa bisa se-begitunya ekspresinya? Iya, harus… bagaimana tidak, karena Sengsara Membawa Nikmat yang terjadi selama proses pra dan pembangunan Project tersebut… macet polll 2 tahunan! dan cukup memprihatinkan, beberapa tempat usaha, toko ruko dsb yang berada disekitaran project tsb jauh menurun pendapatannya, karena jalan dialihkan/ditutup/diputar arah, dsb, dan ada juga yang gulung tikar, bahkan ada yang dijual ruko nya.. benar benar…

Lokasi Project ini Tepatnya di perempatan Gatot Subroto pal 3.5 atau kilometer 3.5 Banjarmasin. Dua Tahun, ya 2 tahun lamanya project pembangunan Fly Over ini, beda dengan project yang lain di luar pulau kalimantan yang hanya kisaran 6 bulan sudah rampung.

Panjang Fly Over 550 meter, dengan biaya lebih +/- 150 milyar (rupiah), bukan daun ya, semua duit alias uang!

Lamaaaaa nya pembangunan project ini, salah satunya karena kontur dan karakteristik tanah di Banjarmasin yang berupa lahan gambut, lunak, tanah liat sehingga untuk pondasi nya memerlukan hampir 3/4 resource project ini, baik dari sisi waktu, material dan biaya.

Project ini dimulai sejak November 2012 dan ditargetkan selesai Desember 2014, jadi hampir tepat 2 tahun, dan Alhamdulillah kami berkesempatan mencoba Jembatan Layang ini persis ketika 1 hari dibuka ruas kanan kiri jalannya.

Dan Alhamdulillah, project ini membuat seantero warga banjarmasin diuji kesabarannya, karena mulai dari awal project ini dilakukan sampai selesai macet nya minta ampun…. bisa habis waktu 15-45 menit stuck disana saja, kecuali yang sudah hapal rute bisa mencari jalur alternative.

Nah, yang saat ini salah satunya diharapkan SEGERAAAA selesai yaitu Jembatan Pangeran (terusan S Parman), yang nasib nya juga sama pola dan cara pengerjaannya dengan Fly Over tsb, buaaanyak delay, entah material yang telat atau payment ke contractor yang tersendat dsb, sehingga kadang ada yang kerja… kadang libur… dan ampun, dampaknya tidak jauh kalah hebat nya dengan proyek fly over. Ya sudahlah, kita doakan saja semoga yang mengemban amanat rakyat (orang banyak, lebih dari 40)…. bahaya pang kalau kada tuntung suai waktu, janji adalah hutang (dunia akhirat).

Selamat dan Terima Kasih untuk team yang meng construct jembatan ini, semoga awet…. aamiin.

tambahan: beberapa berita terkait komentar dan bahkan sumpah serapah warga 🙂
http://regional.kompasiana.com/2013/11/15/fly-over-gatot-subroto-proyek-tolol-dari-banjarmasin-608198.html
http://www.mediakalimantan.com/artikel-777-fly-over-gatot-subroto-banjarmasin-molor-.html

— December 1, 2014

What Do You Think?

Thanks elo © 2018