Setelah hampir 4 tahun, akhirnya summit hidup lagi… horeee, ALFi dan papa nya bukan main senangnya. Cukup lama diselumutin rapi karena beberapa kerusakan yang sangat krusial seperti Driveshaft, Clutch, Motor, ESC dan juga Receiver serta Mount rear bumper yang perlu di konfigurasi ulang. Alhamdulillah, setelah menabung cukup lama (4 tahun hehehe) .. akhirnya paket dari jrc datang juga dan terima kasih bapak ibu di beacukai karena zero tax nya.
Part yang di order kali ini yaitu ESC EVX2, Motor Titan 775, Slippery Clutch paketan dengan pinion dan Main Gear, serta Front dan Rear Bumper. Karena kesibukan Uda ALFi dan juga Papa, akhirnya part yang sudah datang baru bisa dipasang 3 hari setelah datang, dikerjakan weekend. Proses mengganti Motor biar nyaman, mulai dari membuka bagian undercarriage, yaitu Ban ke empat nya dibuka, kemudian Trap Door Driveshaft, Cover Driveshaft dan yang cukup sulit membuka pengunci sambungan shaft depan belakang. Setelah driveshaft terlepas dari mount gear motor bawah, barulah membuka 4 screw mount gearbox dan membuka 1 buah link servo untuk Hi-Slow Transmission dan tada… akhirnya Motor bersama set Gear Box bisa dibuka.

Buka pinion, cover gearbox dan ganti slipper clutch, pasang motor nya, kabel2 ke esc dan pasang kembali. seperti biasa, lebih gampang membuka daripada memasang dan kebiasaan dari dulu, pasti ketika memasang ada aja screw yang berlebih hehe, tapi alhamdulillah ketahuan dimana posisinya. Pada proses bongkar pasang ini perlu kehati hatian dan perlu diingat posisi posisi screw, karena selain screw head yang bentuknya beda beda, yang penting adalah panjang nya. karena kalau salah pasang, tentunya akan mengganggu komponen yang lain, misalkan screw yang pendek diganti dengan yang panjang, jika berlebih tentunya akan dapat merusak komponen yang lain. Tips nya, kalau perlu dicatat dan digambar posisi posisinya.

Setelah Motor dan Gearbox terpasang, berikutnya ESC, dan perlu mengganti head connector ESC, sehubungan semua NiMH dan Lipo sudah menggunakan jenis T Plug. Mungkin karena kelamaan tidak pegang solder, proses memasang 2 buah connector saja hampir 1 jam, hehe. perlu diketahui, connector cable dari ESC EVX2 Summit ada 2 buah, karena Summit menggunakan 2 buah battery NuMH 8.7v atau bisa juga menggunakan Lipo 2cell (7.4v) 5000mAH.

Kemudian rekonfigurasi receiver, karena terakhir kali ketika bongkar bongkar summit, connector pin ke receiver sudah kebalik balik, setelah beberapa kali test, akhirnya ketemu lagi semua kombinasi nya, dengan cara trial error saja posisi posisinya.

terakhir barulah menyambungkan connector Motor ke ESC dan dalam keadaan ban belum terpasang dan menempatkan summit (tanpa ban) diatas bench, test maju mundur dan melakukan konfigurasi (default) me reset radio TQ, karena ternyata sudah nggak karuan juga perintah dari transmitter (remote) Tq. Cara mereset remote TQ gampang, matikan Transmitter (tx atau remote), kemudian tekan tombol Menu+Set bersamaan, nyalakan dan lepas 2 tombol tersebut dan kemudian tekan tombol Set dan kemudian matikan, dan hidupkan lagi.

Oh ya, kalau ada yang lagi memerlukan ESC + Motor standard Traxxas Summit 5607 (1/10), silahkan PM atau hubungi kami via halaman ABOUT ada contact kami, terima kasih

Pe-hobby RC juga? masuk sini

Ini racer nya sedang test, si Uda ALFi

The Giant Beast Traxxas Summit 1/10 #5607

Low Transmission Mode, for Crawling is astonishing!

ups ada yang intip… ciluk baa – peek a boo…

Summit The Giant Beast just weak up after long slept

Proses Test dan Trimming Steering oleh Uda ALFi

Yang suka gambar gambar traxxas, buka aja disini

Salam Gas Poll Rem Blong, Viva ARC

Video review Traxxas Summit 1:10 ber Bahasa Indonesia. Setelah 10 Tahun baru dibikin review nya hehe

*perlu atau sedang cari sparepart suku cadang Traxxas Summit? hubungi kami, kami ada stock beberapa spare part body links dan lain lain serta ESC dan Motor Summit 5607 (yang scala 1:10)

— September 28, 2014

What Do You Think?

Thanks elo © 2018