about us
our wedding
our children
gallery and fotography
artikel untuk ibu rumah tangga
iklan baris gratis
guestbook (buku tamu)
contact us
PEMERIKSAAN KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA
[back to previous page]

Selama masa kehamilan anda, anda akan mendapatkan perawatan secara teratur, baik melalui bagian kebidanan di rumah sakit, dokter umum anda sendiri, atau bidan. Semua ini untuk memastikan bahwa anda dan bayi anda dalam keadaan sehat dan untuk mengetahui sedini mungkin jika terdapat masalah berkenaan dengan kandungan anda. Inilah waktunya mendapatkan jawaban bagi segala macam pertanyaan atau kekhawatiran dan mendiskusikan rencana bagi kelahiran bayi anda.

Kunjungan pertama
Mayoritas wanita mendapatkan pemeriksaan pra-kelahiran mereka yang pertama dan terlama pada usia kehamilan sekitar 8 hingga 12 minggu. Semakin awal anda melakukan pemeriksaan, semakin baik. Anda harus meluangkan banyak waktu untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan, bahkan anda mungkin akan ditawari untuk menjalani pemeriksaan ultrasonografi (USG) oleh dokter.

Pertanyaan yang mungkin diajukan pada anda
Anda mungkin akan ditanyai banyak hal mengenai kesehatan dan sejarah keluarga anda, seperti:

  • Penyakit yang anda derita (sebagai contoh, apakah anda sedang menjalani pengobatan terhadap penyakit kronis seperti diabetes atau hipertensi)
  • Operasi yang pernah anda jalani
  • Apakah pernah terjadi komplikasi dalam kehamilan sebelumnya seperti keguguran, kelahiran prematur, atau pre-eklampsia?
  • Jika anda pernah melahirkan bayi abnormal, sebagai contoh spina bifida ?
  • Apakah ada riwayat keluarga mengenai penyakit keturunan seperti talasemia atau fibrosis kistik?
  • Apakah ada yang kembar dalam keluarga anda.
  • Etnis anda, karena beberapa kondisi turunan tertentu yang memerlukan perhatian pada masa-masa awal kehamilan umum ditemui pada beberapa kelompok etnis tertentu.

Bidan atau dokter ingin mengetahui tanggal hari pertama dari menstruasi terakhir anda, untuk memperkirakan kapan kira-kira sang bayi akan dilahirkan. Anda sendiri mungkin ingin mengajukan banyak pertanyaan. Ini merupakan kesempatan yang tepat, dan akan lebih bagus bila anda menuliskan lebih dahulu apa yang ingin anda tanyakan.

Pemeriksaan
Selama kunjungan anda, akan ada pemeriksaan sebagai berikut:

  • Berat – berat badan anda akan ditimbang. Mayoritas wanita bertambah berat badannya sebesar 10-12,5 kg selama kehamilan, kebanyakan terjadi setelah minggu ke-20.
  • Tinggi – tinggi anda akan diukur pada kunjungan pertama karena tinggi anda merupakan gambaran kasar mengenai ukuran luas panggul anda.
  • Pemeriksaan fisik menyeluruh – dokter akan mengecek jantung dan paru-paru anda dan memastikan bahwa secara umum anda berada dalam keadaan sehat.
  • Air seni – anda akan diminta menyerahkan contoh air seni anda setiap kali mengadakan kunjungan. Contoh air seni ini akan digunakan untuk mencek beberapa hal termasuk :
    1. Gula – sebagian wanita menderita sejenis diabetes selama masa kehamilan yang dikenal sebagai ‘diabetes gestasional’ yang biasanya dapat dikontrol lewat perubahan diet dan, kemungkinan, insulin. Kondisi ini biasanya hilang begitu sang bayi lahir;
    2. Protein, atau ‘albumin’ dalam air seni anda dapat menunjukkan apakah ada infeksi yang memerlukan perawatan. Kadar protein juga dapat menjadi pertanda hipertensi (tekanan darah tinggi) akibat kehamilan.
  • Tekanan darah – tekanan darah anda akan diukur setiap kali kunjungan. Kenaikan tekanan darah pada akhir-akhir masa kehamilan dapat menjadi pertanda pre-eklampsia.

Tes darah
Anda akan ditawari untuk melakukan pemeriksaan darah untuk memeriksa :

  • Golongan darah anda
  • Apakah darah anda mempunyai rhesus negatif atau positif – sebagian kecil ibu memiliki rhesus negatif. Sebagian ibu yang rhesus negatif akan memerlukan suntikan setelah kelahiran bayi pertama mereka untuk melindungi bayi berikutnya dari anemia.
  • Apakah anda penderita anemia – jika anda penderita anemia, anda mungkin akan diberi tablet besi dan asam folat.
  • Daya tahan tubuh anda terhadap rubela (campak Jerman) – jika anda mendapat rubela di awal-awal masa kehamilan, penyakit ini dapat menyebabkan konsekuensi serius bagi bayi dalam kandungan anda.
  • Sifilis – deteksi dan perawatan sedini mungkin bagi wanita penderita penyakit yang ditularkan lewat hubungan seks ini merupakan sesuatu yang vital.
  • Hepatitis B – ini merupakan virus yang menyebabkan penyakit hati dan dapat menular pada bayi. Sang bayi dapat diimunisasi pada saat lahir untuk mencegah penularan.

Tes Khusus
Sejumlah tes mungkin akan ditawarkan pada kunjungan pertama anda. Bicarakan alasan tes tersebut dengan bidan atau dokter anda sehingga anda dapat menentukan pilihan apakah harus melakukan tes tersebut atau tidak berdasarkan informasi lengkap. Mintalah dokter atau bidan anda menerangkan hasil tes tersebut jika anda memutuskan untuk menjalaninya.

  • Tes darah HIV – HIV merupakan virus yang menyebabkan AIDS. Jika anda berpendapat bahwa anda berada dalam risiko mendapat HIV, mintalah pada dokter atau bidan anda kesempatan untuk membahas tes HIV dan konseling. Jika anda positif mengidap HIV, anda bisa berkonsultasi dengan organisasi yang berhubungan dengan wanita dan HIV serta AIDS.
  • Penyakit anemia sel sabit dan talasemia – penyakit sel sabit merupakan sebuah kondisi darah yang terutama menyerang orang-orang Afrika dan India Barat serta, lebih jarang, orang-orang India, Timur Tengah, dan Mediterania. Talasemia, sebuah kondisi darah lainnya, terutama menyerang orang-orang Mediterania dan Asia.
  • Pemeriksaan dalam – kadang-kadang, dokter menganggap perlu untuk melakukan pemeriksaan dalam.
  • Apusan mulut rahim – anda akan ditawari sebuah tes apusan mulut rahim sekarang jika anda belum pernah melakukannya dalam tiga tahun terakhir. Tes ini mendeteksi perubahan awal pada bagian mulut rahim yang bisa menjadi kanker di kemudian hari jika tidak dirawat.
  • Herpes – jika anda, atau pasangan anda, pernah menderita herpes pada organ reproduksi, atau anda mendapat serangan pertama selama masa kehamilan, beritahu dokter atau bidan anda. Hal ini penting karena herpes dapat berbahaya bagi bayi yang baru dilahirkan yang mungkin memerlukan perawatan khusus

Kunjungan berikutnya
Setelah kunjungan pra-kelahiran pertama anda, pengecekan biasanya dilakukan setiap 4 minggu selama 28 minggu, tiap 2 minggu selama 36 minggu, dan setiap minggu hingga sang bayi lahir. Air seni dan tekanan darah anda, dan seringkali berat anda, akan dicek. Perut anda akan diraba untuk mencek posisi serta pertumbuhan bayi. Dan dokter atau bidan anda akan mendengarkan detak jantung janin anda.

posted by dandrian on 29 Dec 2006 08:30 | view [19932]
[back to previous page]
Our 3rd Baby Born Jum'at - 01 Aug 2008
Telah lahir Putri kami, Jumat 01 August 2008 jam 01.02WIT di RS Tembagapura Papua. Alhamdulilah proses Normal, Ibu dan Anak Sehat dan Selamat.
Our Baby Boy Born Selasa - 31 Oct 2006
Telah lahir Putra kami, Selasa 31 October 2006 jam 08.15WIT di RS Tembagapura Papua. Alhamdulilah proses Normal, Ibu dan Anak Sehat dan Selamat.
Our Baby Born Jum'at - 08 Jul 2005
Telah lahir Putri kami, Jumat 8 July 2005 jam 23.30.15WIB di RS Limijati Bandung. Alhamdulilah proses Normal, Ibu dan Anak Sehat dan Selamat.
 Article by Category
Ibu Rumah Tangga
Semua yang berhubungan dengan kegiatan Ibu Rumah Tangga
Ibu Hamil dan Menyusui
Semua yang berhubungan dengan Ibu Hamil dan Menyusui
Kesehatan Anak
Semua yang berhubungan tentang Kesehatan Anak anda
Merawat dan Mendidik Anak
Semua yang berhubungan tentang bagaimana merawat dan Mendidik Anak Bayi dan Balita anda
Resep dan Masakan
Koleksi Resep dan Makanan dari semua daerah dan negara, selamat menikmati dan memasak
Artikel Bebas
Artikel bebas yang berhubungan dengan segala hal informasi seperti IT, Teknologi, Commonlife dan Lainnya

Our Thoughts - Share with Us
Our Magnificent "Wedding Flash Movie"
The most meaningful thing in the world
Katalog Lengkap Resep dan Masakan
 Highlights
4___jgn bosan utk berbagi tips2 ny ya..
ulfa | 15 Nov 2009 16:29
Rendang Ayam
dandrian | view [901]
Bisnis Cantiknya Ibu
Ibu yang mo belajar bisnis online hanya dengan 30 rb. Yuuk kita gabung... ditanggung cantik, banyak teman & menambah penghasilan. Free Online training lho..
Yuuk.. dateng ke.. www.dbc-network.com/index.php?id=griyacantik
atau hub Mayang 02193771202

Mayang | Location: DKI Jakarta

Pasang link padusi.com di blog / website anda. Copy dan Paste kode dibawah



  copyright ©1997-2006 padusi.com