Pengertian Radio Control RC atau Remote Control

diposting oleh akauts pada Jum'at - 26 Dec 2014

Masih banyak yang tidak paham.... Radio Control Hobby (kelas Hobby, sport atau kompetisi) adalah bukan Mainan ...!!! lho kok ngotot? Iyaaaa saking kesalnya dari dulu sampai sekarang masih buanyakkk yang mengatakan dan berasumsi (diam diam) ini mainan anak anak,,, hehehe. tapi benar kok, mainan anak anak, anak anak "besar" hehe

Semakin banyaknya yang sudah mulai masuk kedalam hobby ini, semakin banyak pula (berbanding lurus) yang tidak paham atau istilah kekiniannya "gagal paham" apa itu Radio Control atau Remote Control atau RC. Masih banyak yang beranggapan RC adalah mainan ....

Tidak Semua RC adalah Mainan

Ada RC yang memang di design, dibuat dan dikhususkan untuk pe Hobby, sport atau kompetisi. baik itu RC Heli, RC Pesawat, RC Mobil dan RC Boat. kalau yang mainannya juga ada. Terus apa sih perbedaannya? 

OK sudah lama ingin menulis penjelasannya sesuai dengan sedikit pengalaman tentang Rc, namun alhamdulillah baru sekarang terwujud tulisannya. Dan ini adalah versi saya, ya pro kontra ataupun yang tidak setuju silahkan, sah sah saja, toh itu pendapat anda, dan ini adalah pendapat saya bukan, hehe. ok lets we start..

Apapun jenis RC nya, baik darat, laut dan udara, Yang membedakan antara RC Hobby dengan RC Mainan adalah (menurut saya):

1. Desain Struktur dan Mesin (Penggerak)
RC mainan kebanyakan masih menggunakan motor jenis brushed (1 pole) dengan modul power, pengontrol kecepatan masih terintegrasi dengan komponen penerima sinyal (radio), receiver atau rx nya. sederhananya tiga unsur tersebut diatas 1 papan pcb atau board. 
Kalau RC Hobby atau Sport atau Kompetisi, sudah memisahkan 2 unsur tersebut, mulai dari modul power atau lebih dikenal BEC, pengontrol kecepatan atau ESC dan penerima sinya radio atau Receiver. tiga tiganya berada dalam bentuk yang terpisah dan tidak tergabung satu sama lainnya. *Namun saat ini sudah banyak ESC yang memiliki modul BEC, tapi bagi yang mengerti "RC" akan lebih menyukai / prefer BEC sendiri dan ESC sendiri, lebih safe dan tidak mengganggu satu sama lain, terutama dari induksi panas yang saling dihasilkan kedua modul tersebut. bagi yang cuek cuek aja mungkin tidak akan terlalu merasakannya, yang penting kan jalan? 

2. Radio nya (Remote nya) atau Transmitter nya atau TX nya
Radio RC mainan masih menggunakan modulasi frekuensi AM dan dalam rentang wave yang mirip mirip... sesekali coba saja, radio mobil2an pakaikan ke mobil rc yang lain, biasanya bisa lho... hehe. Nah, kalau RC Hobby untuk teknologi saat ini sudah menggunakan frequency modulasi FM dengan jenis gelombang 2.4 Ghz dengan rentang wave yang lebih panjang sehingga jutaan channel bisa dibuat sehingga sangat sangat tidak mungkin saling tabrakan frekuensi. Karena sebelum 1997an, RC hobby masih menggunakan teknologi AM, dengan rentang frequency yang lebih besar dari RC mainan, tapi kemungkinan saling tabrakan masih ada, karena tergantung crytal nya menggunakan modulasi berapa (dalam satuan Mhz)... kalau tabrakan frequency terjadi, maka anda bisa mengendarai atau menerbangkan rc orang lain dan begitu juga sebaliknya sehingga sangat besar terjadi kecelakaan.

3. Bahan Bakar pada jenis Engine / Nitro dan atau jenis Baterai nya pada jenis Electric
Radio RC Mainan sangat jarang menggunakan penggerak berbahan bakar Nitro/Metanol, jadi semua RC yang menggunakan Nitro/Metanol adalah RC Hobby, berhati hatilah terhadap pemakaian dan penyimpanan bahan bakar tersebut. Kemudian untuk pada penggerak RC Electric, dapat dilihat bedanya yaitu pada jenis baterai nya, kebanyakan mainan masih menggunakan Ni-CAD sementara RC Hobby sudah menggunakan NiMH dan LiPO serta LiFE. bisa juga dilihat pada electri power module control board nya, untuk RC mainan power module langsung menyatu dengan receiver, sementara hampir semua rc hobby sudah memisahkan antara receiver dengan module power BEC dan ESC. walaupun... ada rc hobby yang micro masih menggunakan control board power yang menyatu dengan receiver dan bahkan servo, itu dikarenakan keterpaksaan keringkasan fisik nya.

4. Tahapan Skill yang harus dimiliki bagi penggunanya, pengendara, pembalapnya atau pilot nya
Skill, untuk rc mainan tidak perlu memiliki skill tinggi, cukup cari lahan/area yang pas, kemudian hidupkan dan jalankan, pasti penyesuaian segera dapat dilakukan. Nah, untuk RC Hobby sangat disarankan untuk berlatih terlebih dahulu menggunakan simulator, software yang mirip dengan game dan sebuah kontroller / TX disambungkan ke komputer dan dipadukan dengan software simulator tersebut sehingga calon racer atau pilot dapat mengasah kemampuan dasarnya, bahkan untuk berlatih sampai ketingkat advance. tidak hanya RC plane/heli saja ada simulatornya, RC mobil juga ada simulatornya.

5. Cara merawat nya
Nah, untuk RC mainan, setelah dipakai disarankan cabut baterai nya, dan dibersihkan, sudah itu saja. untuk RC hobby, sangat disarakan melakukan disconnect semua battery, pembersihan komponen/body dan dissassembly (membuka sayap, canopy, bade, roda, shock dsb) sebelum disimpan. karena penyimpanan yang salah dapat merusak bagian luar dan bahkan dalaman serta mesin penggerak RC.

nah, untuk poin UTAMA dari segalanya yang membedakan antara RC mainan dan Hobby/sport/kompetisi adalah sisi Safety dan Manajemen Resiko nya. INI YANG BANYAK DILUPAKAN, DIABAIKAN dan KARENA KETIDAK TAHUAN sehingga terjadi kerugian harga benda dan bahkan nyawa...! tidak main main

dan ada sanggahan, yang mengatakan lho bedanya kan dari SKALA nya??? nah.... kok bisa mengatakan seperti itu....? yang mainan juga pakai skala kok :)
jadi tidak benar bahwa untuk membedakan rc mainan dengan rc hobby adalah berdasarkan skala.

Nah, begitulah 5 poin + 1 poin utama untuk membedakannya, menurut saia :)  salam gas poll rem blong dan full throtle...! 
Ingin diskusi lebih lanjut, silahkan comment dibawah atau Gabung di BBM Channel RCI Radio Control Indonesia, gunakan fasilitas Search pada Channel Blackberry Messenger

hormat-ku selalu untuk para sesepuh RC ARC
any comment, go head!

copy paste? silahkan, tidak dilarang. Tapi minta tolong supaya dicantumkan link sumbernya, anda lebih keren.


COMMENTS [0]

Share to Facebook


Please Leave Your Comment Here / Kami Sangat Senang Menerima Komentar Anda
"Khusus untuk yang bertanya/info tentang problem xiaomi mi4, konsultasi via email ke admin@padusi.com dan kirim capture [Home - Setting - About Phone] anda "
Your Name * maksimum 30 karakter
Your Email * email anda tidak akan ditampilkan / your email will be hidden
Comment *
Pesan anda akan ditampilkan setelah di cek oleh Admin
Your comment will be shown after moderated by Admin