Kunjungan Singkat ke Masjid Penyengat Kebanggaan

diposting oleh akauts pada Rabu - 16 Oct 2013

Masjid Penyengat yang terletak di Pulau Penyengat, 10 menit penyebrangan dengan Kelotok / Sampan Mesin Kecil dari Pelabuhan di Tanjung Pinang. Masjid Penyengat atau nama resminya adalah Masjid Raya Sultan Riau ini adalah satu dari sekian tempat yang dilindungi oleh UNESCO PBB, dan merupakan salah satu Situs Warisan Dunia, wooww..

Pulau Penyengat adalah PUSAT PEMERINTAHAN Kerajaan Riau pada masanya, mulai dikembangkan pada tahun 1803, dan pada tahun 1900 barulah Pemerintahan Kerajaan Riau pindah ke Pulau ini, sejak Sultan Riau-Lingga memerintahkan pemindahan pusat kerajaan. hebat bukan dan dipulau yang tidak terlalu luas ini semua pusat pemerintahan kerajaan ada, mulai dari Istana, Masjid, Komplek Perumahan Raja Raja dan Makam Para Raja, yang sampai saat ini tetap dipelihara dan dijaga dengan baik oleh Pemerintahan Kepulauan Riau, hebat.

Masjid ini awalnya dibangun oleh Sultan Mahmud pada tahun 1803. Kemudian pada masa pemerintahan Yang Dipertuan Muda VII Raja Abdurrahman, tahun 1832 masjid ini direnovasi dalam bentuk yang terlihat saat ini. Bangunan utama masjid ini berukuran 18 x 20 meter yang ditopang oleh 4 buah tiang beton. Di keempat sudut bangunan, terdapat menara tempat Bilal mengumandangkan adzan. Pada bangunan Masjid Sultan Riau terdpat 13 kubah yang berbentuk seperti bawang. Jumlah keseluruhan menara dan kubah di Masjid Sultan Riau sebanyak 17 buah yang melambangkan jumlah rakaat shalat wajib lima waktu sehari semalam.

Di sisi kiri dan kanan bagian depan masjid terdapat bangunan tambahan yang disebut dengan Rumah Sotoh (tempat pertemuan). Menurut sejarahnya, masjid ini dibangun dengan menggunakan campuran putih telur, kapur, pasir dan tanah liat.

Pulau Penyengat merupakan pulau yang bersejarah dan memiliki kedudukan yang penting dalam peristiwa jatuh bangunnya Imperium Melayu, yang sebelum terdiri dari wilayah Kesultanan Johor, Pahang, Siak dan Lingga, khususnya di bagian selatan dari Semenanjung Melayu. Peran penting tersebut berlangsung selama 120 tahun, sejak berdirinya Kerajaan Riau di tahun 1722, sampai akhirnya diambil alih sepenuhnya oleh Belanda pada 1911.

Dari pulau ini pula lah lahirnya karyawa sastrawan hebat, yaitu Gurindam 12 yang berisikan petuah Adat, Syarak dan Kitabullah, memuat semua kaidah ke-islaman syariat, hakihat, maghrifat dan tarekat.

Dari Tanjung Pinang, menyebrang dengan kelotok sampan kecil bermesin, dan jika ingin lebih hemat bisa ikut trip yang rame rame, sehingga dibayar per-orangan, dan jika ingin lebih cepat dan tidak mau menunggu bisa langsung sewa 1 kelotok. sampai di pelabuhan pulau penyengat, setelah menyebrang laut 10 menitan, pengunjung akan disambut dengan becak becak motor yang sudah siap menunggu dan mengantar pengunjung berkeliling pulau penyengat. Jika hanya ingin shalat di Masjid, cukup jalan kali saja, tidak terlalu jauh. Namun jika pertama kali datang ke Penyengat, dan ingin keliling, sebaiknya sewa becak motor supaya bisa dibawa kesemua tempat bersejarah.

Alhamdulillah setiap kali pulang ke Tanjung Pinang, kami selalu menyempatkan untuk bisa Shalat di Masjid Penyengat, berangkat kesana sebelum waktu dhuhur dan sampai disana sebelum adzan, sehingga bisa ikut shalat berjamaah di Masjid Penyengat, setelah selesai Shalat bisa menikmati pemandangan laut penyengat dan melihat pulau bintan dari seberang.

ketika kunjungan kali ini, ALFi melihat kapal kapalan tek tek yang berbahan bakar minyak goreng. Ya udah, sekalian nostalgia langsung saja beli 1 untuk ALFi, karena Papa Mama nya ingat mainan ini ketika masih kecil

sudah dibaca pengunjung 979 kali

copy paste? silahkan, tidak dilarang. Tapi minta tolong supaya dicantumkan link sumbernya, anda lebih keren.

Share to Facebook


COMMENTS [0] null


Please Leave Your Comment Here / Kami Sangat Senang Menerima Komentar Anda
Your Name * maksimum 30 karakter
Your Email * email anda tidak akan ditampilkan / your email will be hidden
Comment *
Pesan anda akan ditampilkan setelah di cek oleh Admin
Your comment will be shown after moderated by Admin

Tulisan Terkait dengan Kategori: vacation, family

Yawri, Alunan Merdu Musik Alam Khas Indian di Banjarmasin,    Klub Sekolah Sepakbola Anak Anak Real Madrid di Banjarmasin,    Service Toyota di Kalimantan Selatan Banjarmasin Banjarbaru,    Layanan Service Ford di Banjarmasin,    Tribute to Z Bikers and Enthusiast around the world,    its a biker`s life - parodi keseharian pemotor he he,    Pesona Danau Biru Banjarmasin,    Jembatan Kebanggaan Barelang Batam Kepulauan Riau,    Penyebrangan Roro ASDP Tanjung Uban Punggur Batam,    Bintan Lagoon Bay, Wahana Baru Wisata Lagoi,    Selamat Idul Fitri 1436 H - Mohon Maaf Lahir Bathin,    Tanjung Pinang, Pulau Bintan, Kepulauan Riau,    Pantai Cemara, Pulau Salak, Pagatan, Tanah Bumbu,    Bandara RHF Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang,    Waterpark Aquatica di Komplek Griya Pesona Bhayangkara Landasan Ulin Banjarbaru,    Alhamdulillah Menyaksikan Gerhana Bulan Lunar Eclipse ,    Kolam Renang Citra Garden Banjarmasin,    Pondok Wisata Tambak Yudha Banjarmasin,    Bamboo Rafting Balanting Paring Loksado,    Wisata Keluarga di Kawasan Citra Graha Banjarmasin,    Family Adventure - Jabar Jateng Jogja,    Metro Fantasi Waterpark Bandung,    Hidden Paradise Surga Tersembunyi di Banjarmasin,    Family Adventure - Kalsel Kaltim,    Penangkaran Buaya Teritip Kalimantan Timur,    Pantai Angsana di Tanah Bumbu Kalsel,    Pantai Kemala Balikpapan,    Allahuakbar,    Family Adventure - Jatim Bali,    Kusuma Agrowisata Park di Kota Batu Malang,    BNS Batu Night Spectacular,    Pemandian Air Panas di Kota Batu Malang,    Visit Indonesia - Beautiful Country,    Persiapan Acara Perpisahan SD Sabilal Muhtadin 2014,    Horay ... Salsa Wisuda,    Family Adventure - Kalteng,    Bikin Kapal Kapalan Ferry Roro dan Tanker,    BIS Banjarmasin Inline Skate,    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434H,    Tips Perjalanan dan Berpetualang dengan Keluarga,    Daging Sapi di Indonesia, Dilema?,    Family Adventure - Jatim Jogja Jateng,    Free Information about Visit Indonesia,    CBR 250R Review at glance,    Ternyata ini Bakugan, Bakuka ...,    Overflow ... Pray for Tembagapura,    Palapa, Bukit Barat, Helipad, Tomawin Dome at Tembagapura,    Lagu Taman Bermain dan Good Morning Song,    Berjemur Pagi dan Hidden Valley lagii,    Opa Oma Uncu trips to Open Pit and Underground,