Tips Perjalanan dan Berpetualang dengan Keluarga

diposting oleh dandrian pada Kamis - 01 Aug 2013

Tips perjalanan malam dengan keluarga (dan membawa anak anak), kami sadur dari sedikit pengalaman kami berpetualang dengan anak anak, khususnya perjalanan darat.
Untuk perjalanan udara dan air (laut/sungai) akan kami share pada kesempatan berikutnya

Antara lain:
1. Air : Bawalah 1 buah air kemasan Galon yang dipakai dirumah, idealnya jangan yang botolan, ribet menyimpannya. Dapat dimanfaatkan untuk anak anak minum, cuci muka, bersih / lap badan jika mereka gerah dan lainnya. Jika tidak ada galon, bawa botolan, dengan perhitungan 1 anak 2 botol (yang ukuran besar) 
2. Sabun Cair, bawa yang botolan seperti merk Dettol (maaf bukan bermaksud iklan), karena bisa cepat larut dalam air. Untuk apa? jika berhenti dijalan / Toilet umum dan atau mandi setelah anak anak berenang, biasanya tempatnya menggunakan baik air, maka tuangkan dettol tsb 1 x seukuran penuh tutup botolnya kedalam bak tersebut, setelahnya baru digunakan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan? 
3. Obat : yang terpenting adalah obat demam, bukan obat yang lain. terkecuali jika memang ada keharusan secara medis anak anda minum obat oleh dokter
4. Minyak Angin dan Minyak Kapak : 2 minyak ini sangat bermanfaat, berikan pada dada dan punggung serta perut anak anak sebelum memulai perjalanan dan setelahnya tiap 6 jam-an. Selain menghindari masuk angin, dapat juga mengurangi rasa mual/muntah pada anak anak dalam perjalanan. dan bermanfaat jikalau anak anak tergigit serangga seperti nyamuk dan semut, dll selama perjalanan/berhenti istirahat.
5. Senter, alat yang paling banyak manfaat nya baik ketika ada permasalahan pada kendaraan, mencari barang didalam kendaraan dsb
6. Tikar : salah satu peralatan yang wajib anda bawa, multifungsi. Dapat digunakan ketika beristirahat di tengah jalan, dibawa kepantai, makan lesehan diperjalanan dsb
7. Tenda : tidak wajib dibawa, tapi kami sengaja membawa tenda dan memberitahu ke anak anak sebelum memulai petualangan, seakan akan bahwa salah tujuan perjalanan kami adalah melakukan camping. camping yang dimaksud bukan seperti camping ketika mendaki gunung ataupun hiking ke hutan dsb. camping yang dimaksud adalah memasang tenda di belakang kendaraan, buka pintu belakang dan gantung/pasang tenda dibawahnya, sembari melakukan istirahat atau sekedar meluruskan kaki karena terlalu lama posisi duduk.
8. Tali : ini peralatan wajib yang perlu anda bawa, multifungsi. bawalah tali rafia (plastik yang segelondongan, ringan dan tidak ribet). Banyak manfaat nya, bisa digunakan untuk menarik kendaraan ketika rusak (derek), jika ada yang tanya lho kok bisa pakai tali plastik? (nanti akan kami berikan tips mendetail nya terpisah), bisa dipakai untuk mengikat barang dimobil supaya tidak goyang/tumpah, memasang tenda, membuat jemuran sederhana dibagian belakang mobil, khususnya apabila dalam perjalanan/petualangan mengunjungi pantai, danau atau kolam renang, digunakan untuk menggantung pakaian renang anak2 yang basa dan handuk. Jangan sekali kali memasukkan pakaian basah didalam plastik dan tas, akan membuat kendaraan berbau apek/lembab dan akan sangat cepat memancing anak anak mual. setelah dipakai berenang, cuci/bilas pakai renang anak anak dan setelahnya baru dijemur. jangan menjemurnya sebelum dicuci, terlebih apabila masih ada tempat tujuan berenang lainnya.
9. Pisau Lipat dan Tang : peralatan multi fungsi yang banyak manfaat nya dalam perjalanan. Idealnya gunakan swiss army dan atau leatherman. kalau saya kebetulan menggunakan Leatherman, hadiah safety award di department tempat bekerja. Cari saja di google, sudah banyak yang menjualnya di indonesia. Jika tidak menggunakan 2 merk tersebut, bawa saja pisau kecil dan tang biasa.
10. Bantal : ya, bawalah bantal sejumlah anak anak anda, idealnya bantal kursi, jangan bantal tidur. bawalah yang bahannya empuk, tidak keras, jadi dapat dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan posisi tidur anak anak ketika dalam perjalanan
11. Uang Receh 2000 an dan 5000 an. Banyak dan akan sering terpakai di perjalanan. Jika menemui sejumlah orang dijalan yang berspekulasi dengan menutup lubang dijalan dan meminta sumbangan dimalam hari, janganlah sekali kali mengindahkan atau menutup jendela memberikan tanda dadah atau No selama perjalanan. Beberapa saat sebelum sampai di posisi mereka, bukalah kaca kendaraan 1/3 saja (jangan penuh), pasang Gigi 2 dan jaga RPM kendaraan supaya tidak mati, dan keluarkan tangan kanan anda sembari memegang lembaran uang kertas tersebut dalam posisi tidak digulung, jadi mereka tahu bahwa anda niat mau memberi. Awasi gerak gerik mereka ketika mendekat, dan perhatikan gerakan tubuh dan atau apa yang mereka pegang. Jika ada yang aneh langsung tancap gas, pasang gigi tiga. namun jika hanya kotak atau topi untuk uang sumbangan maka sembari kendaraan tetap jalan berikan uang tersebut ke mereka atau silahkan lempar dan bilang Terima Kasih.
12. Doa --> setelah semua usaha dan ikhtiar yang kita lakukan, jangan lupa ber-Doa

opsional : jika bisa, bawalah Charger HP untuk Mobil serta GPS. dan atau gunakan smartphone anda sebagai GPS, jangan lupa isi pulsa dan atau quota internet pastikan cukup selama perjalanan. Sudah cukup banyak spartphone saat ini (2014) yang melengkapi handset nya dengan fitur GPS.

Catatan:
1. Untuk keperluan umum lainnya selama perjalanan, tentunya tidak perlu disebutkan lagi, seperti pakaian ganti, makanan ringan, dsb.
2. Semua tips tersebut bermanfaat untuk perjalanan / petualangan dengan keluarga / anak anak dan menggunakan kendaraan roda - 4 (empat)

sudah dibaca pengunjung 1209 kali

copy paste? silahkan, tidak dilarang. Tapi minta tolong supaya dicantumkan link sumbernya, anda lebih keren.

Share to Facebook


COMMENTS [0] null


Please Leave Your Comment Here / Kami Sangat Senang Menerima Komentar Anda
Your Name * maksimum 30 karakter
Your Email * email anda tidak akan ditampilkan / your email will be hidden
Comment *
Pesan anda akan ditampilkan setelah di cek oleh Admin
Your comment will be shown after moderated by Admin

Tulisan Terkait dengan Kategori: Family Keluarga Liburan